Medan l Guna mengoptimalkan pemanfaatan pengelolaan repository institusi dan digital library, UPT Perpustakaan Universitas Teuku Umar Meulaboh melakukan studi banding ke dua perguruan tinggi di Sumatera Utara.

Selama empat hari, mulai tanggal 8-11 November 2022, para pustakawan UTU Meulaboh mengunjungi Perpustakaan perguruan tinggi di Sumatera Utara masing-masing, Perpustakaan Universitas Sumatera Utara dan Perpustakaan Universitas Negeri Medan (Unimed).

Rombongan Perpustakaan UTU yang dipimpin oleh Rahmiyul SIP dan diterima secara langsung oleh Kepala Perpustakaan USU Laila Hadri Nasution SSos MP dan Kepala Perpustakaan Unimed Tessa Simahate SSos M IKOM.
Kepala UPT Perpustakaan UTU Meulaboh Rahmiyul menjelaskan bahwa studi banding ini dilakukan dalam rangka knowledge sharing mengenai pengelolaan perpustakaan perguruan tinggi, khususnya dalam manajemen layanan repository institusi dan juga pemanfaatan digital library.

“Kunjungan studi banding ini melihat dan mempelajari bagaimana pengelolaan sistem informasi manajemen perpustakaan di USU dan Unimed terkait dengan pengelolaan repository dan pustaka digital yang sudah diterapkan di kedua kampus tersebut,”kata Rahmiyul dalam keterangan tertulis, Jum’at (11/11/2022) di Medan.

Dalam kesempatan tersebut, kata Rahmiyul pihaknya juga diajak library tour. Selama library tour berlangsung yang didampingi tim IT berkesempatan berdiskusi tentang sistem repository di USU dan juga sharing informasi mengenai Digital Library UNIMED.

“Kami sangat berterima kasih atas kesempatan berkunjung dan berdiskusi dengan pihak perpustakaan USU dan Unimed. Karena dari sisi teknologi, kami melihat USU dan Unimed cukup adaptif mengikuti perkembangan zaman,”ujarnya.

Lebih lanjut, kata Rahmi kunjungan ini juga dilakukan dalam rangka penjajakan kerjasama Perpustakaan UTU Meulaboh dengan Perpustakaan USU dan UNIMED.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan USU Laila Hadri Nasution dalam pertemuan tersebut menyampaikan terima kasih dan menyambut baik kunjungan dari Perpustakaan Universitas Teuku Umar.

“Kami sangat menyambut baik, kedatangan bapak dan ibu dari perpustakaan Universitas Teuku Umar, semoga nantinya setelah studi banding ini bisa bermanfaat untuk pengembangan perpustakaan UTU ke depan. Walaupun perpustakaan kami juga belum tentu sempurna, namun kita sama-sama akan terus meningkatkan kualitas perpustakaan, supaya semakin maju dan dicintai pemustaka,”kata Laila Handri Nasution saat menerima kunjungan, Rabu (9/11/2022).

Hal senada juga disampaikan Kepala Perpustakaan UNIMED Tessa Simahate. Menurutnya saat ini Perpustakaan yang dia pimpin sudah menerapkan teknologi dalam pengelolaan perpustakaan dan tentunya mengikuti dengan tren dan perkembangan zaman.

“Alhamdulillah Sekarang perpustakaan UNIMED sudah menerapkan Teknologi dalam bidang perpustakaan yang sudah bagus, tapi kami juga akan mengembangan terus perpustakaan,”ungkap Tessa dalam pertemuan yang berlangsung, Kamis (10/11).

Selain itu, kata Tessa saat ini perpustakaan Digital UNIMED ini juga menjadi ikon kampus Universitas Negeri Medan. “Jadi beban kerja kami dalam menjaga ikon kampus ini juga lebih besar. Tentunya kami akan selalu melakukan terobosan-terobosan baru yang memudahkan pengguna khususnya sivitas Akademika Universitas Negeri Medan dalam memanfaatkan Digital Library UNIMED ini,”katanya.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan Universitas Teuku Umar Meulaboh turut hadir Kepala Perpustakaan Rahmiyul SIP, Pustakawan dan staf masing-masing Teuku Hermilan SIP, Kausar SIP dan Eka Nurul Fajar SHi. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Hubungi Kami
Salam👋
Ada yang bisa kami bantu?

https://bogor.stieindragiri.ac.id/slot-gacor-hari-ini/

https://jakarta.stieindragiri.ac.id/slot-deposit-pulsa/

https://tangerang.stieindragiri.ac.id/slot-demo/

https://cimahi.stieindragiri.ac.id/situs-bola-terpercaya/

https://karawang.stieindragiri.ac.id/togel-online/

https://bekasi.stieindragiri.ac.id/situs-poker/

https://consultorjava.com/slot-gacor/