Manusia sebagai makhluk sosial dalam kehidupannya senantiasa akan berinteraksi dengan manusia lainnya dalam upaya mencapai aspek-aspek kebutuhan hidup yang bukan hanya persoalan makan, minum dan biologis, tetapi juga kebutuhan akan pendidikan. Pemenuhan kebutuhan pendidikan merupakan hal yang penting mengingat wilayah Pantai Barat Selatan Aceh kaya akan sumber daya alam, baik sumber daya alam darat maupun sumber daya alam perairan, maka diperlukan sumber daya manusia yang handal untuk menggali dan mengolah sumber daya alam yang ada di wilayah Pantai Barat Selatan Aceh. Berdasarkan hal tersebut sehingga para pemuka di Aceh Barat mendirikan suatu institusi pendidikan di bawah Yayasan milik Pemerintah Aceh Barat dengan nama Universitas Teuku Umar.
Keberadaan Universitas Teuku Umar menjadi Universitas Negeri wilayah pantai Barat Selatan Aceh menjadi perhatian utama, sebab melalui Universitas Teuku Umar diharapkan mampu memenuhi kebutuhan dengan lulusan-lulusan yang berkualitas dan siap pakai.  Singkatnya, Universitas Teuku Umar resmi berstatus sebagai Perguruan Tinggi pada tanggal 10 Nopember 2006 bertepatan dengan Hari Pahlawan, dan tanggal tersebut ditetapkan sebagai Hari Jadi Universitas,  dan peringatannya dilaksanakan pada tanggal 11 Nopember. Sejak resmi berdirinya kampus tersebut, di bawah kepemimpinan Rektor Pertama Drs. Alfian Ibrahim, MS, diberikan tugas pokok agar Universitas Teuku Umar menjadi satu institusi penting dalam menyelenggarakan pendidikan akademik, profesional, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
Didorong oleh kebutuhan tersebut di atas, Rektor Pertama Universitas Teuku Umar Drs. Alfian Ibrahim, MS menginisiasi pula adanya fasilitas gedung dan fasilitas perpustakaan sebagai tempat di mana semua sivitas akademika dapat bertemu dan berinteraksi untuk mengembangkan ide-ide yang pada akhirnya akan menghasilkan kolaborasi penelitian dari berbagai subjek. dan sebagai salah satu komponen utama sebuah Perguruan Tinggi, Perpustakaan Universitas Teuku Umar dilengkapi pula berbagai buku dan referensi untuk menunjang proses belajar mengajar.
Kemudian, setelah Universitas Teuku Umar berubah status menjadi universitas negeri berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2014 tentang Pendirian Universitas Teuku Umar, maka Perpustakaan Universitas Teuku Umar juga terus berbenah menyesuaikan diri dalam upaya memenuhi kebutuhan akan sumber rujukan ilmu pengetahuan pada institusi perguruan tinggi, dan di bawah kepemimpin Prof. Dr. Jasman J’ Ma’ruf, MBA sebagai Rektor Universitas Teuku Umar peningkatan Fasilitas Perpustakaan terus ditingkatkan pada setiap tahunnya dengan sumber rujukan terbaru guna mendukung referensi perpustakaan yang diperoleh dari pengadaan setiap tahunnya, program kerjasama hingga hibah/bantuan. Kemudian saat ini UPT. Perpusta-kaan Universitas Teuku Umar juga sedang mengembang-kan konsep Perpustakaan Automasi Digital untuk mendukung riset Perguruan Tinggi yang berkelas dunia, terutama dalam bidang Agro and Marine Industry. Kemudian, dirinya juga telah menyusun Master Plant Pembangunan Gedung Perpustakaan dalam satu Gedung Terintegrasi UTU.
Open chat
Hubungi Kami
Salam👋
Ada yang bisa kami bantu?

https://bogor.stieindragiri.ac.id/slot-gacor-hari-ini/

https://jakarta.stieindragiri.ac.id/slot-deposit-pulsa/

https://tangerang.stieindragiri.ac.id/slot-demo/

https://cimahi.stieindragiri.ac.id/situs-bola-terpercaya/

https://karawang.stieindragiri.ac.id/togel-online/

https://bekasi.stieindragiri.ac.id/situs-poker/

https://consultorjava.com/slot-gacor/